Minggu, 13 Maret 2016

In House Training Surveilans Epidemiologi 2016

Diposting oleh KKP Palangka Raya

KKP PALANGKARAYA 2-3 Maret 2016
“SATUKAN LANGKAH MAJU BERSAMA”

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangkaraya setiap tahun mengadakan kegiatan In House Training (IHT) Surveilans Epidemiologi (SE). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill petugas juga jejaring kerja dan komunikasi dibidang surveilans epidemiologi di wilayah Kota Palangkaraya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu 1 hari di dalam ruangan dan hari berikutnya di luar ruangan. Narasumber kegiatan ini pada hari pertama yaitu Kasubdit Karkes Ditjen P2P Kemenkes RI (Ibu dr. Lili Banonah M.Epid) , Konsultan Kekarantinaan dan pernah menjabat sebagai Kepala KKP Soekarno Hatta  (Bpk. dr Oenedo Gumarang), Epidemiolog RS dr Doris Sylvanus (Ibu Rini Fortina, SKM, M.Kes) serta dari Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya (Ibu Fransiska, SKM, M.Mkes).

Pada hari pertama dibahas tentang kasus-kasus yang tergolong Kejadian Kedaruratan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD) seperti situasi MERS Cov dan yang terbaru Zika Virus dan juga tentang berbagai pengalaman tentang penanganan kasus kasus yang terjadi di KKP Soekarno Hatta sebagai salah satu pintu masuk negara. Masih di hari pertama di bahas tentang kasus kasus penyakit potensial wabah yang masuk atau di rawat di RS dr Doris Sylvanus serta kasus kasus lokal Palangkaraya seperti DBD dan penanganannya.

Pada hari kedua untuk meningkatkan team work SE dilakukan outbound di bukit Tangkiling dengan berbagai permainan dan role play untuk meningkatkan soliditas tim SE kota palangkaraya. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan tim SE Palangkaraya harus siap untuk menghadapi dan memecahkan masalah kesehatan yang berkaitan kasus kasus penyakit potensial wabah yang meresahkan warga Kota Palangkaraya.






Ditulis Oleh
Eman Prasetyo, SKM, M.Kes
Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan SE
KKP Kelas III Palangka Raya


0 komentar: