Kamis, 25 Februari 2016

Distribusi Vaksin Meningitis

Diposting oleh KKP Palangka Raya

Sebagian masyarakat sudah banyak mengetahui bahwa bagi para Calon Jamaah Umroh wajib disuntik Vaksin Meningitis untuk menghindari penyakit meningitis atau radang selaput otak. Namun tidak banyak yang tau terhadap cara penyimpanan dan pendistribusiannya.

Perlakuan terhadap Vaksin Meningitis sangat berbeda jauh dengan obat-obatan yang dikonsumsi secara umum. Yang paling menonjol adalah Vaksin Meningitis ini harus dijaga suhunya antara 2 hingga 8 derajat celcius sehingga harus disimpan di lemari pendingin khusus atau jika ingin melakukan distribusi harus dikemas sedemikian rupa dengan kotak khusus yang dapat mengisolasi suhu udara luar agar suhu tetap terjaga.

Salah satu Jenis Kotak Penyimpanan Vaksin Untuk Proses Distribusi
Panel pemantau suhu diletakkan di sisi luar lemari pendingin
Beberapa waktu yang lalu petugas KKP Palangka Raya mendapat tugas untuk membawa vaksin dari gudang vaksin yang ada di Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kemenkes RI ke Palangka Raya.

Salah satu sudut ruangan di dalam gudang vaksin Ditjen P2P
Dalam proses pengepakannya, vaksin dimasukkan ke dalam kotak khusus. Untuk menjaga suhu tetap dingin, dimasukkan juga beberapa ice pack yang telah dibekukan. Dengan cara ini diklaim bahwa suhu dapat dijaga selama 8 hingga 10 jam.

Petugas gudang sedang menkonfirmasi jumlah vaksin yang akan dibawa ke Palangka Raya
Setelah dilakukan pengepakan dan telah diyakini kotak untuk membawa telah terisolasi dengan baik, maka petugas pun membawa vaksin ke Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian diterbangkan ke Palangka Raya.

Sesampainya di Palangka Raya, vaksin langsung dimasukkan lagi ke dalam lemari pendingin khusus vaksin agar tidak rusak. Dalam proses distribusi ini memakan waktu cukup singkat yaitu keluar dari gudang vaksin di Ditjen P2P sekitar pukul 12.00 wib dan tiba di Palangka Raya serta dimasukkan ke lemari pendingin khusus sekitar pukul 17.30 wib


Ditulis oleh
M. Ramdhani
Staf Sub Bagian Tata Usaha
KKP Palangka Raya

0 komentar: